April with Landscape Architecture 2021

 

Dalam memperingati World Landscape Architecture Month 2021, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap Institut Sains dan Teknologi Nasional (HMAL-ISTN) mengadakan acara April with Landscape Architecture (PILAR) 2021. Dengan tema “Lanskap bagi Generasi Milenial di Masa Pandemi Covid-19 (La’Gen-19)”, acara yang diadakan dalam sebulan penuh ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pameran studio, lomba dan webinar nasional. Meskipun kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, hal ini tidak mengurangi semangat dan antusiasme para mahasiswa Program Studi Arsitektur Lanskap ISTN maupun peserta untuk memeriahkan acara PILAR 2021. HMAL-ISTN juga secara aktif membagi poster berisi seputar arsitektur lanskap maupun informasi acara di akun instagram @hmal_istn dan @pilar_istn.

Kegiatan pertama pada acara PILAR 2021 diawali dengan kegiatan Pameran Hasil Tugas Perencanaan dan Perancangan Skala taman kota dan Kawasan Wisata yang dilaksanakan secara daring yang mengikutsertakan seluruh siswa dan siswi jurusan Lanskap dan Pertamanan dari SMKN 63 Jakarta Selatan pada tanggal 12 April 2021. Kegiatan kedua pada acara PILAR 2021  adalah Lomba Desain Taman Sekolah sebagai Wadah Kreativitas Siswa dan Menciptakan Area Hijau di Lingkungan Sekolah yang diikuti oleh pelajar SMA/sederajat pada tanggal 4-18 April 2021. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh alumni dan mahasiswa dari Arsitektur Lanskap ISTN sebagai juri pada lomba desain ini. Pada lomba desain taman sekolah ini dimenangkan oleh SMKN Pertanian Kota Serang, Banten, yang diketuai oleh Sdri. Seti Ferawati.

Acara puncak dari PILAR 2021 adalah acara Webinar Nasional yang berjudul “Potensi Arsitek Lanskap dan Generasi Milenial dalam Menjaga Lingkungan pada Masa Pandemi” yang menghadirkan Bapak Evan Sandjaja, S.T. dan Ibu Ir. Daisy Radnawati, M.Si sebagai pembicara Webinar tersebut. Acara ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 25 April 2021 dan diikuti oleh kurang lebih 80 peserta dari berbagai institusi maupun umum. Kegiatan PILAR sebagai salah satu progam tahunan HMAL-ISTN ini diharapkan akan terus berjalan sebagai aktualisasi dan kontribusi mahasiswa Progam Studi Arsitektur Lanskap ISTN dalam bidang kependidikan arsitektur lanskap.

Ketua Pelaksana PILAR 2021, Muhamad Fichram Aby

 

Sambutan dari Ketua HMAL-ISTN Periode 2020-2021, Fikri Muhammad Noor
Materi Webinar 1 oleh Bapak Evan Sandjaja, S.T. selaku Ketua IALI PD DKI Jakarta
Materi 2 oleh Ibu Ir. Daisy Radnawati, M.Si. dosen Prodi Arsitektur Lanskap ISTN dan Bendahara PN IALI
Juara 1 Lomba Desain Taman Sekolah, tim dari SMKN Pertanian, Serang, Banten
Peserta Webinar APRIL 2021. Sampai jumpa di PILAR 2022!

 

Leave a Comment