Hasil Kolaborasi Prodi Arsitektur Lanskap Menghasilkan Lima Judul Penelitian yang Dipresentasikan di Semnaslit UGM IX

Kerjasama Prodi Arsitektur Lanskap ISTN dengan, UIN Kendari, UGJ Cirebon, dan STP Trisakti Jakarta

Hasil kerjasama antara Prodi Arsitektur Lanskap ISTN, Prodi Agroteknologi UGJ, Prodi Agribisnis UGJ, Prodi Tadris Matematika IAIN Kendari, dan Prodi Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti, memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Hal ini terbukti dari telah banyaknya output dari kerja sama tersebut. Salah satu dari banyaknya output yang dihasilkan yaitu hasil penelitian kolaborasi. Pada tanggal 21 September 2019 bertempat di Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta, lima judul penelitian dipresentasikan dalam acara Seminar Nasional Penelitian Pertanian IX. Adapun judul-judul penelitian tersebut antara lain:

  1. Pengaruh Kemasan dan Jumlah Lubang Perforasi terhadap Kualitas Buah Pisang Raja oleh Ridwansyah Trisnanda Putra, Ray March Syahadat, dan Ismail Saleh (Prodi Arsitektur Lanskap ISTN dan Prodi Agroteknologi UGJ).
  2. Evaluasi Rencana Pengembangan Wisata Landscape Watching di Area Persawahan Ciboer Pass oleh Ray March Syahadat, Ismail Saleh, Priambudi Trie Putra, dan Tandri Patih (Prodi Arsitektur Lanskap ISTN Prodi Agroteknologi UGJ, dan Prodi Tadris Matematika IAIN Kendari).
  3. Agroeduwisata: Rencana Konsep untuk Meningkatkan Nilai Tambah Pertanian di Desa Lingga Mekar, Kuningan, Jawa Barat oleh Hanni Adriani dan Ray March Syahadat (Prodi Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti dan Prodi Arsitektur Lanskap ISTN).
  4. Pertumbuhan dan Produksi Pucuk Kenikir Pada Beberapa Komposisi Media Tanam dan Interval Pemanenan oleh Ismail Saleh, Ray March Syahadat, dan Ida Setya Wahyu Atmaja (Prodi Agroteknologi UGJ dan Prodi Arsitektur Lanskap ISTN).
  5. Apakah Pengambilan Keputusan Selalu Berhubungan dengan Pengambilan Keputusan Petani dalam Penerapan Pertanian Sehat? oleh Siti Wahana, Mutia Intan Savitri Herista, Ismail Saleh dan Ray March Syahadat (Prodi Agribisnis UGJ, Prodi Agroteknologi UGJ, Prodi Arsitektur Lanskap ISTN).

Keikutsertaan dalam acara ini bernilai sangat positif karena bukan hanya dapat berbagi informasi terkait hasil penelitian tapi juga dapat menerima masukan dari para peneliti lain untuk perbaikan lebih lanjut. Dengan kolaborasi antar lintas ilmu oleh Prodi Arsitektur Lanskap ISTN, Prodi Agroteknologi UGJ, Prodi Agribisnis UGJ, Prodi Tadris Matematika IAIN Kendari, dan Prodi Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti dalam penelitian, menunjukkan bahwa kelima prodi tersebut serius dalam mendukung implementasi general education oleh Kemenristek Dikti. Seperti yang diketahui, general education adalah pembelajaran yang menekankan keterkaitan antar bidang ilmu yang bertujuan untuk membangun basis yang lebih luas dalam keilmuan dengan saling berinteraksi antar disiplin ilmu.

Leave a Comment